Hai, Sobat ! Selamat Datang Di Zie-Berbagi Blog! | Kontak | Daftar | Masuk

Membuat Konversi Suhu Sederhana Menggunakan Visual Basic 6.0 (VB6)




Hai Teman-taman Zie-Berbagi kali ini saya mencoba untuk memberikan tutorial yang sangat sederhana dan cukup mudah untuk teman-teman semua coba...
Menurut saya ini tidak terlalu sulit kq , hanya butuh ketekunan , ketelitian dan keinginan yang kuat .


Saya juga ingin lebih memperdalam lagi tentang visual basic ini, namun karena keterbatasan media dan keterbatasan waktu sekolah membuat saya harus mengurungkan niat saya.
Oleh karena itu sobat semua yang masih punya waktu untuk belajar mari manfaatkan sebaik-baik nya supaya tidak menyesal ya.


Baik langsung saja ke topik pembicaraan , kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang cara membuat konversi suhu sederhana menggunakan visual basic 6.0

Yang kita Perlukan adalah
*1 Buah form
*1 Buah label
*2 Buah combobox
*2 Buah textbox
*3 Buah command button dan kalo perlu
*2 Buah frame buat hiasan angsung kita buat ,,


Masukan kode berikut pada form

 Dim A, B, C, D, U, V
Dim Hasil
Dim SuhuAwal
Dim DR, ke


Private Sub Form_Load()
    Dari.AddItem "Celsius"
    Dari.AddItem "Reamur"
    Dari.AddItem "Fahrenheit"
    Kesuhu.AddItem "Celsius"
    Kesuhu.AddItem "Reamur"
    Kesuhu.AddItem "Fahrenheit"
End Sub



Private Sub OK_Click()
SuhuAwal = Val(txtSuhu.Text)
Select Case Dari.ListIndex
Case 0
    A = 5
    V = 0
Case 1
    A = 4
    V = 0
Case 2
    A = 9
    V = 32
End Select

Select Case Kesuhu.ListIndex
Case 0
    B = 5
    U = 0
Case 1
    B = 4
    U = 0
Case 2
    B = 9
    U = 32
End Select

DR = Val(A)
ke = Val(B)
If DR = ke Then
Hasil = SuhuAwal
ElseIf DR = 9 Then
Hasil = (SuhuAwal - V) / (A / B)
Else
Hasil = (SuhuAwal * (B / A)) + U
End If
lbHasil = SuhuAwal & " " & Dari.Text & " = " & Int(Hasil) & " " & Kesuhu.Text
End Sub

Private Sub Hapus_Click()
txtSuhu.Text = ""
lbHasil.Caption = ""
Dari.Text = ""
Kesuhu.Text = ""
End Sub

Private Sub Exit_Click()
End
End Sub





Tekan F5 Atau pilih RUN untuk menjalankan program.

NB: Jika langsung Copas Insya Alloh bisa langsung berjalan programnya tanpa erorr , tapi apabila error biasanya kita hanya perlu mengganti symbol-symbol saja

Jika ada error atau kesalahan syntax coba teliti lagi kemungkinan ada kesalahan huruf atau kesalahan penulisan.
Apabila masih error silahkan untuk berkomentar di bawah ....

Sekian Dulu Tutorial sederhana dari saya , apabila ada kesalahan dan kekurangan mohon maaf karena sesungguhnya manusia itu tidak ada yang sempurna...
Share this article now on :
Komentar FB
6 Comments

+ comments + 6 comments

April 23, 2013 at 8:10 AM

Bisa dilampirkan file yang sudah jadi ga gan ? nama nama yang ada bikin bingung sih,,

Terimakasih dewapeny bangzat atas Komentarnya di Membuat Konversi Suhu Sederhana Menggunakan Visual Basic 6.0 (VB6)
April 28, 2013 at 9:44 AM

maaf sob.... yang di maksud itu file apa nya ?

dalam bentuk exe file atau file project VB nya?

Anonymous
May 20, 2013 at 10:45 PM

bro ma'af,klo bleh tanya?
ini ksalahannya dimana yaa,,
aku coba' kog error,
tlong tanggapannya...

lbHasil = SuhuAwal & " " & Dari.Text & " = " & Int(Hasil) & " " & Kesuhu.Text

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di Membuat Konversi Suhu Sederhana Menggunakan Visual Basic 6.0 (VB6)
May 28, 2013 at 9:57 AM

Coba pakai ini mas

lbHasil = SuhuAwal & " " & Dari.Text & " = " & Int(Hasil) & " " & Kesuhu.Text

Jika masih error silahkan buat dari awal sama persis dengan source yang saya buat....

di tunggu laporannya!!!

May 31, 2017 at 3:43 PM

yang dimaksud dengan angka 32, 9, 2, 0. itu apanya gan ?

Terimakasih dwi atas Komentarnya di Membuat Konversi Suhu Sederhana Menggunakan Visual Basic 6.0 (VB6)
April 18, 2018 at 10:25 PM

itu mksd ny perbedaan suhu antaRA Celcius reamur dan CELVIN

Post a Comment

Berkomentarlah Jika Sobat Bersedia