Contoh Membuat Aplikasi Java di Handphone

Hai sobat-sobat sekalian, kali ini saya akan membahas tentang membuat aplikasi java di HP. Pertama-tama teman-teman harus mempunyai aplikasi J2SE ( jdk-6u3-windows-i586-p ), J2ME WTK ( sun_java_wireless_toolkit-2_5-windows ), JCreator.
Urutan penginstalannya adalah sebagai berikut:


  1. install J2SE ( jdk-6u3-windows-i586-p )
  2. install J2ME WTK ( sun_java_wireless_toolkit-2_5-windows )
  3. klik kanan my computer, properties, advanced, enviroment variables,klik variable Path lalu klik edit. Di jendela Edit System Variable ketikkan ;C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_10\bin;%PATH%
  4. install JCreator
Sebagai contohnya:
  1. Buka aplikasi Wireless Toolkit 2.5
  2. Klik New Project
  3. Isi Project Name (disini sebagai contohnya saya isi dengan ProjectTextBox2) dan MIDlet Class Name (disini sebagi contoh saya mengisikan MgmtTeks1), lalu klik Create Project
  4. Di Target Platform, pilih JTWI , lalu klik OK


  5. Buka aplikasi JCreator nya
  6. Di menu bar pilih File, new, file atau tekan ( ctrl + N )
  7. Dikotak sebelah kiri pilih Java Classes, dikotak sebelah kanan pilih Empty Java File, lalu klik Next
  8. Isikan Name nya ( disini sebagai contohnya saya mengisikan MgmtTeks1 ).
  9. Pada Location, klik ikon kotak, lalu pilih My Computer, C: , WTK 25, apps, ProjectTextBox2, src, lalu klik OK, Finish


  10. Isikan Script dibawah ni di JCreator, jika script dibawah ini tidak bisa dijalankan, download saja file txt aslinya disini,
    DOWNLOAD

    /*=============================================
    Program Management Teks Memakai Object TextBox
    =============================================*/
    import javax.microedition.midlet.*;
    import javax.microedition.lcdui.*;

    public class MgmtTeks extends MIDlet
    implements CommandListener
    {
    private Display disp1;
    private TextBox tb1;
    private Form InfoForm1;
    private Alert alert1;
    private Command CmdExit;
    private Command CmdAturTeks;
    private Command CmdInsertTeks;
    private Command CmdBlankTeks;
    private Command CmdFormInfo;
    private Command CmdReturn;

    public MgmtTeks()
    {
    disp1 = Display.getDisplay(this);
    tb1 = new TextBox("Management Teks", null,256, TextField.ANY);
    CmdExit = new Command("Exit", Command.EXIT, 1);
    CmdAturTeks = new Command("Atur Teks", Command.SCREEN, 2);
    CmdInsertTeks = new Command("Insert Teks", Command.SCREEN, 2);
    CmdBlankTeks = new Command("Blank Teks", Command.SCREEN, 2);
    CmdFormInfo = new Command("Form Info", Command.SCREEN, 2);
    CmdReturn = new Command("Return", Command.SCREEN, 2);
    tb1.addCommand(CmdExit);
    tb1.addCommand(CmdAturTeks);
    tb1.addCommand(CmdInsertTeks);
    tb1.addCommand(CmdBlankTeks);
    tb1.addCommand(CmdFormInfo);
    tb1.addCommand(CmdReturn);
    tb1.setCommandListener(this);
    }

    public void startApp()
    {
    disp1.setCurrent(tb1);
    }

    public void pauseApp()
    {
    }

    public void destroyApp(boolean unconditional)
    {
    }

    public void commandAction(Command Cmd, Displayable s)
    {
    if (Cmd == CmdExit)
    {
    destroyApp(true);
    notifyDestroyed();
    }
    else if (Cmd == CmdAturTeks)
    {
    tb1.setString("Atur teks di TextBox");
    }
    else if (Cmd == CmdInsertTeks)
    {
    tb1.insert("Teks Disisipkan", 0);
    }
    else if (Cmd == CmdBlankTeks)
    {
    if (tb1.size() > 0)
    {
    tb1.delete(0, tb1.size());
    }
    }
    else if (Cmd == CmdFormInfo)
    {
    InfoForm1 = new Form("Informasi Teks Di Form");
    InfoForm1.append("Teks Yang Ada: " + tb1.getString() + "\n");
    InfoForm1.append("Jumlah karakter: " + tb1.size() + "\n");
    InfoForm1.append("Posisi Kursor: " + tb1.getCaretPosition());
    InfoForm1.addCommand(CmdReturn);
    InfoForm1.setCommandListener(this);
    disp1.setCurrent(InfoForm1);
    }
    else if (Cmd == CmdReturn)
    {
    disp1.setCurrent(tb1);
    }
    }
    }
  11. Save
  12. Pada Wireless Toolkit 2.5 klik Build, lalu Run
Mudah bukan cara membuat aplikasi HP dengan Java, sobat-sobat sekalian bisa mengambangkannya lagi. Selamat mencoba . . . .

Belajar Membuat Aplikasi J2ME

Artikel ini menjelaskan tentang cara memulai membuat aplikasi J2ME (aplikasi Java untuk perangkat kecil, seperti selular, PDA dan lainnya) tanpa menuliskan kode kode programming (source-code) sedikitpun, karena artikel ini ditujukan kepada programmer yang belum pernah membuat aplikasi J2ME, banyak para programmer desktop PC yang mungkin merasa terlalu susah untuk bikin aplikasi J2ME untuk selular, mudah mudahan artikel singkat ini bisa memberikan penjelasan yang cukup dan memberikan semangat yang positif untuk memulai membuat aplikasi J2ME.

Membuat aplikasi J2ME tidak memerlukan banyak software yang rumit atau besar, salah satu software yang pasti diperlukan adalah J2SE SDK/JDK, dalam J2SE SDK/JDK ini terdapat runtime dan library untuk program Java secara umum termasuk juga untuk J2ME, pada saat artikel ini ditulis telah ada J2SE SDK v1.4.2.

Untuk menulis source-code J2ME, maka kita memerlukan sebuah J2ME IDE (integrated development environment),
ada beberapa pilihan IDE yang diantaranya adalah Netbean, Sun One Java Studio Mobility, CodeWarrior dan notepad (atau text editor lainnya), untungnya semua software IDE yang disebutkan ini dapat di download gratis di website resmi masing masing perusahaan, jadi untuk membuat program J2ME maka pihak developer tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali untuk membeli software IDE.

Pada artikel ini yang diulas adalah IDE dari Netbean v4.1 dengan tambahan Netbean Mobility Pack v4.1, tambahan ini diperlukan untuk membuat aplikasi J2ME, karena jika hanya dengan Netbean v4.1 hanya dapat membuat aplikasi Java saja, Netbean Mobility Pack adalah module-module aplikasi J2ME dan emulator device untuk testing dalam PC. IDE lainnya boleh dicoba tapi dianjurkan memakai Netbean v4.1 karena versi ini sangat mudah dioperasikan dan dirasakan cukup cepat dibanding IDE lainnya dalam hal loading, compiling, running dan debugging.

Langkah yang dilakukan oleh editor untuk memulai pembuatan aplikasi J2ME adalah:
1. Install J2SE SDK v1.4.2 (50MB)
2. Install Netbean v4.1 (47MB)
3. Install Netbean Mobility Pack v4.1 (18MB)
4. Jalankan Netbean v4.1, buat projek baru dan pilih kategori "Mobile" dan tipe projek "Mobile Application"
5. Pilih lokasi tempat menyimpan file-file projek ini, "Set as Main Project" dan "Create Hello MIDlet" jangan dirubah (tercentang)
6. Pada halaman "Platform selection" pilih "Device Configuration" = CLDC-1.0 dan "Device Profile" = MIDP-1.0 (versi terkecil yang dapat digunakan dalam semua selular yang support J2ME)
7. Setelah semua selesai (tempate telah dibuat), jalankan aplikasi ini dengan menekan tombol F6 (Run Main Project).
8. Lalu project ini akan dikompile dan emulator akan keluar, gunakan mouse untuk mengoperasikan emulator tersebut, dengan menekan nekan tombol keypad dalam emulator tersebut mirip seperti selular biasa.
9. Pada saat ini, aplikasi "Hello World" kita telah selesai dibuat dan bisa langsung di tes pada selular yang sebenarnya.

Untuk testing langsung ke dalam selular, yang diperlukan tidaknya banyak, hanya:
1. Selular phone yang mendukung J2ME (setidaknya MIDP v1).
2. Alat untuk memindahkan aplikasi (.JAR dan .JAD) yang sudah dibuat kedalam selular, dapat berupa kabel data, infrared, bluetooth atau card reader/writer jika selular yang ingin digunakan sebagai test device memiliki slot memory external, seperti MMC, MemoryStick dan lainnya. Cara pemindahan aplikasi J2ME sama seperti cara mengisi ringtone, image dan lainnya.
3. Software untuk memindahkan aplikasi J2ME ke dalam selular, bisa menggunakan aplikasi yang dibuat oleh perusahaan lain (bukan buatan vendor selular tersebut), seperti MobiMB yang berukuran kecil, mudah dan cepat.

Dalam artikel ini, selular yang digunakan sebagai test adalah Nokia 6015 (memakai kabel data USB) dan Nokia 9500 (memakai card reader/writer untuk mengkopi file .JAR dan .JAD ke dalam MMC). File file yang perlu ditransfer kedalam selular adalah file .JAR (dan .JAD jika diperlukan) yang berada dalam direktori "DIST", lokasi direktori ini telah ditentukan pada langkah ke 5.


Kita telah selesai membuat aplikasi J2ME "Hello World", untuk merubah text atau menambah objek objek lainnya seperti TextBox, RadioBox, tombol- tombol menu dan lainnya dapat kita lakukan dalam Netbean, juga tanpa perlu menuliskan source-code karena Netbean v4.1 sudah memiliki fungsi yang cukup bagus dan mudah dengan drag-and-drop mirip seperti programming Visual Basic dan lainnya yang hanya memerlukan perubahan pada properti-properti objek tersebut jika diperlukan seperti kata-kata nya, lebar tingginya dan lain lain.

Memang aplikasi yang telah dibuat ini tidak begitu berguna, tapi bagi para programmer yang telah menguasai bahasa pemrograman Java maka tidaklah sulit untuk membuat aplikasi atau game game untuk selular yang mungkin bisa dengan mudah dijual kepada perusahaan perusahaan mobile content aggregator karena bisnis mobile content cukup lumayan saat ini.

Pilihan J2ME untuk membuat aplikasi/game selular sangat bagus, karena ukuran file nya kecil (file JAR Hello World yang telah kita buat ini hanya kurang lebih 1 kilobyte saja), bahasa Java relatif lebih mudah dipelajari dibanding C/C++ untuk Symbian, Palm, Pocket PC dan Linux, dan alasan yang terakhir adalah software IDE untuk J2ME versi sekarang ini sangat baik dan lebih mudah digunakan.

Kemungkinan jika semua langkah yang dijelaskan diatas dicoba dengan sama persis oleh para pemula, maka mungkin hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit hingga selesai dimasukan dalam selular, pihak editor hanya membutuhkan kurang dari 3 menit untuk menyelesaikannya.

PB hack V 5.3 Special Cheat Dewa Casper(Bisa Ngekill musuh ,tapi musuh gak bisa bunuh) + Ammo Global 80 reloaded Updates 30 October 2011

Downloads Cheat : 
Downloads Password : 


=========================
         Simple Fitur Tapi pasti
=========================

---> Casper Mode(Gak bisa di kill , tapi kita bisa kill)
---> Ammo Global

=========
 HotKeys
=========

---> Insert = Casper On
---> Delete = Casper OFf
---> Ammo global = Shift

=================
 Cara penggunaan
=================

---> Buka PB Launcher
---> Buka Cheat/Injectnya
---> Start Pb
---> Happy Chainn kiler ,chain headsht,,,

Credit :

Andrie Casablanca

Cara Membuat Cursor Bertaburan Bintang

1. Login ke blogger.
2.Masuk ke Layout-->Page Element
3.Tambahkan gadget HTML/JavaScript
4.Pilih kode taburan bintang dibawah ini.

Bintang Hijau

<script src="http://sites.google.com/site/amatullah83/js-indahnyaberbagi/bintang.hijau.js" type="text/javascript"></script>


Bintang Ungu


<script src='http://sites.google.com/site/amatullah83/js-indahnyaberbagi/bintang.ungu.js' type="text/javascript"></script>


Bintang Merah


<script src='http://sites.google.com/site/amatullah83/js-indahnyaberbagi/bintang.merah.js' type="text/javascript"></script>


Bintang Biru


<script src='http://sites.google.com/site/amatullah83/js-indahnyaberbagi/bintang.biru.js' type="text/javascript"></script>


Bintang Putih


<script src='http://sites.google.com/site/amatullah83/js-indahnyaberbagi/bintang.putih.js' type="text/javascript"></script>


5.Kopi salah satu kode diatas dan simpan.

Kondensator


Kondensator atau sering disebut sebagai kapasitor adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kondensator memiliki satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday. Kondensator juga dikenal sebagai "kapasitor", namun kata "kondensator" masih dipakai hingga saat ini. Pertama disebut oleh Alessandro Volta seorang ilmuwan Italia pada tahun 1782 (dari bahasa Itali condensatore), berkenaan dengan kemampuan alat untuk menyimpan suatu muatan listrik yang tinggi dibanding komponen lainnya. Kebanyakan bahasa dan negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris masih mengacu pada perkataan bahasa Italia "condensatore", bahasa Perancis condensateurIndonesia dan Jerman Kondensator atau Spanyol Condensador.
  • Kondensator diidentikkan mempunyai dua kaki dan dua kutub yaitu positif dan negatif serta memiliki cairan elektrolit dan biasanya berbentuk tabung.
Polarized kondensator symbol 3.jpg Lambang kondensator (mempunyai kutub) pada skema elektronika.
  • Sedangkan jenis yang satunya lagi kebanyakan nilai kapasitasnya lebih rendah, tidak mempunyai kutub positif atau negatif pada kakinya, kebanyakan berbentuk bulat pipih berwarna coklat, merah, hijau dan lainnya seperti tablet atau kancing baju.
Capacitor symbol.jpg Lambang kapasitor (tidak mempunyai kutub) pada skema elektronika.
Namun kebiasaan dan kondisi serta artikulasi bahasa setiap negara tergantung pada masyarakat yang lebih sering menyebutkannya. Kini kebiasaan orang tersebut hanya menyebutkan salah satu nama yang paling dominan digunakan atau lebih sering didengar. Pada masa kini, kondensator sering disebut kapasitor (capacitor) ataupun sebaliknya yang pada ilmu elektronika disingkat dengan huruf (C).
Kapasitor dalam rangkaian elektronik

Daftar isi

  [tampilkan

[sunting]Kapasitansi

Satuan dari kapasitansi kondensator adalah Farad (F). Namun Farad adalah satuan yang terlalu besar, sehingga digunakan:
  • Pikofarad (pF) = 1\times10^{-12}\,F
  • Nanofarad (nF) = 1\times10^{-9}\,F
  • Microfarad (\mu\,F) = 1\times10^{-6}\,F
Kapasitansi dari kondensator dapat ditentukan dengan rumus:
C=\epsilon_0\epsilon_r\frac{A}{d}
C : Kapasitansi
\epsilon_0 : permitivitas hampa
\epsilon_r : permitivitas relatif
A : luas pelat
d :jarak antar pelat/tebal dielektrik
Adapun cara memperbesar kapasitansi kapasitor atau kondensator dengan jalan:
  1. Menyusunnya berlapis-lapis.
  2. Memperluas permukaan variabel.
  3. Memakai bahan dengan daya tembus besar.
DielektrikPermitivitas
Permitivitas Relatif Dielektrik
Keramik rugi rendah7
Keramik k tinggi50.000
Mika perak6
Kertas4
Film plastik2,8
Polikarbonat2,4
Polistiren3,3
Poliester2,3
Polipropilen8
Elektrolit aluminium25
Elektrolit tantalum35

[sunting]Wujud dan Macam kondensator

TipeJangkauanToleransi(%)Tegangan AClazim (V)Tegangan DClazim (V)Koefisien suhu (ppm/C)Frekuensi pancung fR (MHz)Sudut rugi (\tan\;\delta)Resistansi bocoran (Ω)Stabilitas
Karakteristik kondensator
Kertas10 nF - 10 uF± 10%500 V600 V300 ppm/C0,1 MHz0,01109 Ωlumayan
Mika perak5 pF - 10 nF± 0,5%-400 V100 ppm/C10 MHz0,00051011 ΩBaik sekali
Keramik5 pF - 1 uF± 10%250 V400 V30 ppm/C10 MHz0,01108 ΩBaik
Polystyrene50 pF - 500 nF± 1%150 V500 V-150 ppm/C10 MHz0,00051012 ΩBaik sekali
Polyester100 pF - 2 uF± 5%400 V400 V400 ppm/C1 MHz0,0011011 ΩCukup
Polypropylene1 nF - 100 uF± 5%600 V900 V170 ppm/C1 MHz0,00051010 ΩCukup
Elektrolit aluminium1 uF - 1 F± 50%Terpolarisasi400 V1500 ppm/C0,05 MHz0,05108 ΩCukup
Elektrolit tantalum1 uF - 2000 uF± 10%Terpolarisasi60 V500 ppm/C0,1 MHz0,005108 ΩBaik

[sunting]Jenis kondensator

Berdasarkan kegunaannya kondensator dibagi dalam:
  1. Kondensator tetap (nilai kapasitasnya tetap tidak dapat diubah)
  2. Kondensator elektrolit (Electrolite Condenser = Elco)
  3. Kondensator variabel (nilai kapasitasnya dapat diubah-ubah)

[sunting]

Memuat...